[Tekan Tombol Ctrl + D Di Keyboard Anda Untuk Simpan/ Bookmark Alamat Website Ini Di Internet Browser Anda]
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
duniarumah duniarumah duniarumah

Philodendron Corcovadense

Perawatan Mudah Perbanyakan Tak Susah

Daunnya hijau tua pekat dan mengkilap. Siapapun yang melihat pasti terpesona. Menanamnya di pot atau membuatnya merambat, sama cantiknya.

Philodendron atau biasa disebut Philo, merupakan tanaman tropis yang banyak diminati. Tajuk daunnya yang cukup lebar dan rimbun, membuat tanaman ini dapat berfungsi sebagai peneduh. Ingin menghias ruangan dengan Philo pun tak masalah. Karena tanaman yang satu ini tidak memerlukan terlalu banyak sinar matahari.

Terdapat banyak sekali jenis Philo yang bisa Anda pilih. Setiap jenis memiliki keunikannya masing-masing. Seperti yang satu ini, Philodendron Corcovadense (P. Corcovadense). Daya tariknya terletak pada daun yang berwarna hijau tua pekat. Selain itu, bila terkena cahaya, permukaan daunnya mengkilap.

Perawatannya tidak merepotkan. Anda tak perlu sering menyiramnya, yang penting kelembapan tanah terjaga. Jika Anda meletakkannya di dalam rumah, jangan lupa mengeluarkannya minimal tiga hari sekali. Agar kebutuhan P. Corcovadense akan sinar matahari, dapat terpenuhi. Anda juga tidak perlu memberikan pupuk atau penyubur, selama pertumbuhannya tidak terganggu.

Biasanya, orang menanam P. Corcovadense di dalam pot. Dengan demikian, tanaman dapat mudah dipindahkan ke luar atau ke dalam rumah. Jika menanamnya dalam pot, philo akan tumbuh melebar (mengembang). Tampilannya pun akan semakin rimbun. Dari daunnya yang rimbun itulah tercipta kesan teduh.

Tetapi tahukah Anda? Selain menanamnya di pot Anda juga bisa membuatnya merambat. Pada habitat aslinya, hutan tropis, philodendron hidup dengan menempel pada batang pohon yang lebih besar (epifit). Mengapa tidak Anda coba menciptakan tempat tumbuh yang mirip dengan habitatnya itu?

Jika di halaman terdapat pohon yang cukup besar, coba tanam P. Corcovadense di bawahnya. Biarkan tanaman ini tumbuh merambat pada batang pohon. Daunnya yang hijau dan mengkilap akan tampil lebih cantik sekaligus unik. Anda tak perlu khawatir philo akan terkena terlalu banyak cahaya matahari. Dedaunan dari pohon tempatnya merambat, dapat sekaligus berperan sebagai pelindung dari sinar matahari langsung.

Ingin memperbanyak P. Corcovadense? Caranya juga gampang. Gunakan teknik stek. Potong salah satu batangnya kemudian tanam di pot terpisah, atau di bawah pohon. Perawatannya mudah, perbanyakannya pun tak susah. Praktis, kan?

Penulis: Anissa
Foto: Surai
Lokasi dan properti: Rumah Endang Lestari, Ciledug, Tangerang

0 komentar:

Sponsored by

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action