[Tekan Tombol Ctrl + D Di Keyboard Anda Untuk Simpan/ Bookmark Alamat Website Ini Di Internet Browser Anda]
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
duniarumah duniarumah duniarumah

Atasi Banjir dengan Biopori

Lubang Resapan Biopori (LRB) bukan tempat sampah. Walau diisi sampah organik, fungsinya lebih sebagai sumur resapan dan solusi untuk memperbaiki kimia tanah.
Langkah pembuatan LRB tidak sulit. Pun tidak dapat dilakukan sembarangan. Akan lebih mudah jika Anda mempunyai alat bor khusus biopori untuk membuatnya.
Berikut ini kami sampaikan langkah mudah pembuatannya:
  1. Buat lubang, dengan diameter 10cm, dan kedalaman 30-100cm. Gunakan bor untuk lubang biopori.
  2. Angkat alat bor pada saat mata bor penuh tanah (sekitar 10cm kedalaman). Buang tanah yang terangkat dengan menggoreskan pisau pada kedua sisi mata bor. Ulangi proses tersebut hingga mencapai kedalaman yang diinginkan.
  3. Untuk LRB di saluran air, jarak antar lubang yang baik 0.5-1m, sedangkan LRB disekitar pohon dibuat tiga lubang per pohon. Posisi lubang bak segitiga sama sisi. Lakukan pengerasan bibir lubang untuk mencegah erosi tanah dan mempertahankan bentuk mulut lubang tetap rapi.
  4. Isi lubang dengan sampah organik. Misal sampah dapur, kebun atau tanaman. Masukkan sampak ke lubang dengan bantuan tongkat yang tumpul, agar sampah masuk. Namun jika jumlah sampah sedikit, biarkan sampah menutup area mulut lubang. Fungsinya untuk mencegah agar sedimen/tanah tidak masuk ke lubang.
  5. Buat pengaman pada lubang dengan besi, bukan kawan, agar kuat. Selamat mencoba.
Penulis: Whery
Foto: biopori.com

0 komentar:

Sponsored by

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action